Galakkan Budaya Membaca, Dispusip Pekanbaru Hadirkan Sipusiaga 

Galakkan Budaya  Membaca, Dispusip Pekanbaru Hadirkan Sipusiaga 
Sejumlah masyarakat tampak memanfaatkan pustaka keliling Dispusip Pekanbaru yang hadir di kegiatan Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kota Pekanbaru, tahun ini menghadirkan program yang diberi nama Si Pustaka Keliling Siaga atau Sipusiaga guna meningkatkan budaya baca masyarakat.

"Ini salah satu upaya kita untuk menjadikan Pekanbaru sebagai kota pintar. Karena salah satu indikator kota pintar ini yakni tingginya kegemaran dan budaya baca di tengah masyarakat," kata Kepala Dispusip Pekanbaru Nelfiyonna, Jumat (17/1).

Saat ini, sebut dia, ada empat unit mobil pustaka keliling (pusteling) yang dioperasikan oleh Dispusip dalam program Sipusiaga setiap harinya. Baik itu ke sekolah, tempat keramaian, dan berbagai kegiatan lainnya.

"Lewat program ini, kita ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memanfaatkan armada pusteling yang datang ke kegiatan masyarakat," ucapnya.

Masyarakat, terang Nelfiyonna, juga bisa bekerjasama dengan Dispusip untuk menurunkan armada pusteling di setiap kegiatan yang ditaja. Keberadaaan pusteling ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri yang akan meramaikan jalannya kegiatan.

Selain itu, pusteling juga memudahkan masyarakat untuk mengakses bahan bacaan. Dengan lebih dari 1.000 judul buku menarik, pusteling bisa dinikmati masyarakat, khususnya yang tinggal jauh dari Perpustakaan Kota Pekanbaru.

"Untuk menggunakan layanan Sipusiaga ini, masyarakat dapat menghubungi langsung petugas Dispusip di nomor telefon (0761) 859318 atau nomor seluler 0813-7809-1515," tutupnya. (R05/Kominfo)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index